Tuesday, April 19, 2016

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Para Ibu Seputar Susu Anak 1 Tahun

Friso Indonesia

Susu anak 1 tahun memiliki nutrisi yang lengkap untuk si kecil. Akan tetapi, tetap saja masih banyak ibu yang sering menanyakan tentang susu tersebut. Hal tersebut tentu beralasan karena banyak ibu yang awan seputar gizi untuk anak. Mereka hanya tahu bahwa susu itu baik untuk perkembangan anak usia 1 tahun. Namun, mereka ingin lebih tahu sehingga menanyakan beberapa hal.

Berikut pertanyaan yang sering ditanyakan. Mungkin, ibu juga menanyakan salah satu atau lebih dari pertanyaan berikut ini.

Bagaimana Memilih Susu Balita Terbaik?

Ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh ibu yang baru pertama kali memiliki balita. Tentu sangat wajar karena mereka tidak memiliki pengalaman dalam memilih susuanak 1 tahun.
Pertanyaan ini tidak mudah dijawab. Apalagi banyak sekali merk susu balita 1 tahun di pasaran. Hanya saja, setidaknya ada kandungan probiotik yang ada di dalam susu. Kandungan tersebutlah yang berguna untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berjalan normal. Karena hanya sistem pencernaan yang baik lah yang menentukan kesehatan anak secara keseluruhan.

Berapa Kali Sebaiknya Menyajikan Susu Anak 1 Tahun?
Pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan adalah tentang berapa kali susu untuk anak 1 tahun diberikan. Dalam hal ini, ada salah kaprah di masyarakat. Karena mereka tahu bahwa di dalam susu terdapat kandungan nutrisi yang baik bagi balita, maka mereka menganggap semakin banyak memberikan susu maka semakin baik.

Padahal, tidak seperti itu. Aturannya jelas. Susu sebaiknya diberikan kepada balita 3 kali sehari. Jika lebih dari 3 kali, dikhawatirkan balita akan mendapatkan kandungan nutrisi yang terlampau lebih banyak sehingga bisa mengakibatkan masalah kesehatan. Masalah yang sering dialami oleh anak yang mendapatkan susu anak 1 tahun lebih dari tiga kali adalah kegemukan. Tentu saja setiap orang tua tidak ingin anaknya mengalami hal semacam itu, bukan?

Kenapa Setelah Minum Susu, Balita Mengalami Diare?
Apakah balita ibu juga mengalami hal ini? Kebanyakan balita yang baru sekali mengkonsumsi susu anak 1 tahun akan mengalami masalah seperti diare. Tentu saja itu hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Itu tandanya sistem pencernaan anak baru beradaptasi dengan susu yang ibu berikan.

Hanya saja, jika diare terjadi dalam kurun waktu yang lama, hingga 5-7 hari, sebaiknya ibu segera konsultasi dengan dokter. Ada kemungkinan anak ibu alergi terhadap salah satu kandungan di dalam susu anak 1 tahun yang ibu berikan. Dengan berkonsultasi dengan dokter anak, ibu bisa tahu apa yang terjadi dan apa yang seharusnya ibu lakukan.

Kenapa Anak Susah Makan tapi Banyak Minum Susu?
Tidak sedikit anak yang mogok makan tapi banyak menghabiskan susu balita 1 tahun. Tentu saja hal tersebut ada hubungannya.

Semakin banyak ibu memberikan susu, maka semakin susah si kecil mau mengkonsumsi makanan. Hal ini disebabkan ia sudah merasa kenyang dengan hanya minum susu saja. Oleh sebab itulah mengapa sangat disarankan agar memberikan susu tiga kali sehari saja agar anak mau makan makanan.


Apakah ada pertanyaan yang ibu ingin tanyakan? Ibu bisa melakukan konsultasi dengan dokter anak secara online di forum ibu dan anak. Selain itu, ibu juga akan mendapatkan informasi yang lebih seputar kandungan dari susu anak 1 tahun. 

No comments:

Post a Comment